Pencapaian pembangunan suatu daerah dipengaruhi oleh proses pembangunan manusia dari kualitas manusia di daerah tersebut. Ukuran kualitas manusia dilihat dari angka Indeks Pembangunan Manusia (IPM). IPM menjelaskan bagaimana penduduk dapat mengakses hasil pembangunan dalam memperoleh pendapatan, kesehatan dan sektor pendidikan. Pada hasil penelitian ini diseminasi dihadiri oleh OPD - OPD terkait di Kabupaten Batu Bara, Cabang Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Utara, serta Kepala Sekolah SMA/K yang ada di Kabupaten Batu Bara. Pentingnya keberadaan Perguruan Tinggi menjadi salah satu rekomendasi pembangunan untuk pemerintah Kab. Batu Bara.
Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Populasi penelitian adalah seluruh SMA/K yang ada di Kab. Batu Bara berjumlah 49 SMA/K. Jumlah sampel ditentukan melalui purposive sampling dengan 1516 sampel. Instrumen penelitian menggunakan skala Likert dengan jumlah 30 item yang valid dan reliabel. Perolehan data bersumber dari data primer dan data skunder.
Hasil penelitian yakni : (1) Sebesar 64,91% siswa SMA/K di Kab. Batu Bara memiliki minat dengan kategori sedang, 30,34% dengan kategori tinggi dan 4,75% dengan kategori rendah, (2) Komponen faktor internal motivasi sebagai komponen paling besar dirasakan oleh pelajar yakni 41,67% dan komponen faktor eksternal lingkungan sebesar 57,14% sebagai komponen terbesar, (3) Setiap peningkatan faktor internal dan eksternal minat pelajar SMA/K melanjutkan pendidikan ke Perguruan Tinggi akan meningkatkan Harapan Lama Sekolah sebesar 6,33147 bila 1% kedua faktor tersebut terwujud. Selain itu, setiap peningkatan faktor eksternal lingkungan dari minat pelajar akan meningkatkan Harapan Lama Sekolah sebesar 4,77235 bila 1% faktor eksternal lingkungan mengalami peningkatan. Besarnya potensi peningkatan IPM Kabupaten Batu Bara pada dimensi pendidikan ditinjau dari faktor eksternal lingkungan berupa dosen dan adanya Perguruan Tinggi adalah 11,0%.